Jika kamu berhasil teruslah berkarya, jika kamu gagal teruslah berkarya, jika kamu bosan teruslah berkarya,apapun kondisinya tetap berkarya....

HINDARI HIDUP BOROS


Ø  HINDARI HIDUP BOROS

“Sesungguhnya para pemboros adalah menjadi teman setan.“ QS. Al-Isra ‘ [17] : 27.

                Alam kehidupan modern seperti sekarang ini baru menjalar penyakit konsumeris (budaya konsumtif) dengan munculnya banyak supermarket, hipermarket, mall, supermall. Berapapun uang yang dibawa ketempat tersebut apabila lemah kenali nafsu belanjanya, maka akan hanyutlah uang tersebut untuk membeli sesuatu yang seandainya tidak dibelipun tidak apa-apa karena tidak begitu dibutuhkan.
                Dalam ekonomi islam, muncul dua macam teori konsumen yaitu ‘need’ dan ‘want’, yang pertama ‘need’ yaitu butuh, seseorang hanya akan belanja sesuatu yang benar-benar dibutuhkan saja, inilah yang sesuai dengan prinsip ekonomi islam. Yang ke-2 adalah ‘went’ seseorang belanja hanya menuruti keinginannya saja, dan cenderung lepas kontrol. Misalnya orang membutuhkan pesawat HP (handphon) sebenarnya sudah cukup dengan HP lama yang selama ini dimiliki, sebab sudah memenuhi kebutuhan. Namun hatinya atau keinginannya akan bilang, «HP ini sekarang tidak trend lagi.... « 


                Kalau punya uang tentu tidak masalah, tapi kalau sampai hutang sana hutang sini, hanya menuruti keinginan yang sebenarnya tidak perlu, yang seandainya tidak dibeli tidak masalah. Ada pepatah mengatakan al-iqtishad nishf al-ma’isyah (berlaku hemat/ekonomis itu adalah sebagian dari kehidupan ekonomi). Dalam alat elektronik, khususnya HP, setiap saat pasti ada inovasi, dan selalu tambah fasilitas dan penampilannya, sehingga sudah bukan alat komunikasi saja, namun sudah berubah menjadibarang perhiasan, padahal yang kita butuhkan ‘need’ adalah sebagai alat komunikasi.
                Mana orangnya yang tidak suka shoping ? baik yang beriman maupun tidak tentu senang pergi belanja. Disinilah kalau kita mau menguji kezuhu dan kesufian hati kita terhadap gemerlapnya dunia, pegang uang banyak namun mampu menahan untuk tidak berbelanja sembarangan.
                Setiap mau belanja, kita perlu berdoa agar tidak tergoda oleh setan, sehingga lupa daratan, sehingga mau membeli seluruh isi supermarket. Ada satu tip, agar belanja tidak terlalu boros, yitu kita perlu merencanakan dari rumah apa-apa yang akan kita beli, kemudian k ita membawa uang yang pas sekiranya cukup untuk membeli barang tersebut.
                Ya Allah, semoga mulai detik ini, ksmi mampu dan mau meninggalkan  berbelanja sesuatu yang tidak penting.

“Orang-Orang yang baik hati.‘dihormati‘. Oleh karena mereka tidak megetahui bawa orang lain menyalah gunakan mereka itu.“ (Emanuel Wertheimer)

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul HINDARI HIDUP BOROS. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://sulhan-gallery.blogspot.com/2013/01/hindari-hidup-boros-sesungguhnya.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Chord - Sunday 20 January 2013

Belum ada komentar untuk " HINDARI HIDUP BOROS"

Post a Comment