Jika kamu berhasil teruslah berkarya, jika kamu gagal teruslah berkarya, jika kamu bosan teruslah berkarya,apapun kondisinya tetap berkarya....

BELAJAR ETOS KERJA ORANG CHINA

Ø  BELAJAR ETOS KERJA ORANG CHINA
“Tuntutlah ilmu walau sampai negri china.“ HR.Al-Bukhari

                                Mari kita lihat, di daerah kita mesing-masing. Kita mencoba jalan-jalan sore hari, disekitar daerah perkotaan terdapat banyak toko, dealer kendaraan bermotor, toko emas, toko tekstil, departemen store, pasar swalayan, supermall, hipermal dan gallery. Hampir semua itu adalah milik orang china.
                Kita lihat kedisiplinan mereka, hampir semua tempat bisnis orang China di buka tepat waktu. Kita lihat ketegasan orang China dalam masalah keuangan, tetap menghargai jumlah uang walau hanya satu rupiah. Hal ini pernah disinggung Rasulullah, bahwa kita harus memisahkan antara bisnis dan sedekah. Walau hanya 

satu rupiah kalau itu merupakan laba dari bisnis, akan dibela, walau sampai berdebat. Namun apabila tiba saat bersedekah tidak pernah mempermasalahkan harta yang sudah disedekahkan.
                Setiawan Jodi, ketua Dewan Pendiri Kantata Research Indonesia, menjelaskan, bahwa kalau di jepangada general motor, general Electronics, maka di China pun kini bermunculan “general-general” baru yang mempunyai daya saing kompetitif di pasaran dunia. Keberhasilan transisi ekonomi itu kemudian juga diikuti reformasi politik dan hokum yang dilaksanakan secara konsisten. Dalam konteks politik, terlihat daya estafet kepemimpinan kepada generasi baru yang memiliki visi untuk membangun China menjadi lebih modern. Dalam konteks hokum, pemerintah China sangat konsisten menegakkan keadilan dan kebenaran secara tegas tanpa pandang bulu.
                Kombinasi antara pembaruan ekonomi dan politik ini, telah menjadikan China sebagai kekuatan yang dipertimbangkan. China modrn mampu berkompetisi dengan Negara-negara maju lainya. Bahkan pada tingkat tertentu, China tidak hanya tidak hanya menjadi competitor jepang, Eropa dan AS, akan tetapi juga bergerak menjadi salah satu kekuatan ekonomi dan super power dunia.
                Hal-hal diatas, paling tidak ada sedikit rangsangan untuk mengulas, kenapa Rasulullah, menyebut negeri China.
                Ya Allah, mulai detik ini, kami memohon kepada-Mu agar bisa meniru etos kerja orang China dan meniru etos kerja Rasulullah.

“Harapan dan ketakutan tak mampu merubah musim.”
(Chogyam Trungpa)

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul BELAJAR ETOS KERJA ORANG CHINA . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://sulhan-gallery.blogspot.com/2013/01/belajar-etos-kerja-orang-china.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Chord - Wednesday 16 January 2013

Belum ada komentar untuk "BELAJAR ETOS KERJA ORANG CHINA "

Post a Comment