Jika kamu berhasil teruslah berkarya, jika kamu gagal teruslah berkarya, jika kamu bosan teruslah berkarya,apapun kondisinya tetap berkarya....

KAYA DARI MEMINTA-MINTA SAMA DENGAN MEMINTA BARA API


Ø  KAYA DARI MEMINTA-MINTA SAMA DENGAN MEMINTA BARA API

‚‘‘Barang siapa meminta-minta harta kepada manusia  untuk mengumpulkanya, maka sebenarnya ia meminta bara api neraka (sedikit atau banyak).‘‘

 Nabi Muhammad saw. Tidak suka umatnya menjadi pemalas, karena pemalas hanya akan membebani orang lain. Memang Alloh swt. Akan memberi jalan keluar kepada orang yang benar-benar bertakwa. Namun kita jangan menunggu saja, tanpa berbuat dan tanpa ikhtiar. Alloh memberi jalan keluar kepada manusia tentu sesuai dengan sunatullah mengenai sebab-akibat, bahwa apabila seseorang ingin pandai maka harus giat belajar pantang menyerah, dan apabila seseorang ingin menjadi orang kaya maka harus bekerja giat dan ulet. Meskipun hasilnya, kadang tidak sesuai dengan yang kita harapkan, namun kadang ada yang sesuai dengan yang kita harapkan, bahkan kadang ada yang sampai berlipat ganda jauh melebihi daripada yang kita harapkan.
                Alloh swt. Memberi anugrah berupa rasa malu kepada manusia. Sebagai manusia yang beragama tentu malu apabila membebani orang lain, dan malu apabila malas bekerja, serta malu apabila tidak bertanggung jawab kepada nfkah keluarga, serta malu apabila menjadi orang bodoh, malu apabila tidak rajin beribadah, malu apabila menjadi orang kaya yang kikir, malu apabila selalu merugikan orang lain, malu apabila menjadi beban tanggungan orang lain, malu apabila hanya minta-minta rezeki kepada orang lain. Rasulullah bersabda;
Apabila kalian sudahtidak  punya malu silahkan mau apa saja terserah,
                Siapapun orangnya asal mau berusaha pasti rezeki akan datang, kata orang jawa “kemlawe-kemlambe‘‘ (siapa yang mau menggerakan tangan untuk berusaha maka dia bakal bisa makan.) Orang yang suka minta-minta mempunyai posisi yang rendah ditengah-tengah masyarakat.
                Qabishah menjelaskan bahwa meminta-minta itu dilarang kecuali karena tiga alasan:
1.       Orang yang menanggung beban di luar batas kemampuannya, maka ia berhak meminta-minta.
2.       Orang yang terkena musibah yang menimpa harta kekayaanya, maka ia berhak meminta-minta.
3.       Orang yang fakir dan dibenarkan oleh tiga orang kaumnya  bahwa ia benar-benar tidak mampu bekerja, yang sebelumnya ia hidup berkecukupan, maka berhak meminta.
Selain ketiga kelompok orang ini, maka barang siapa meminta-minta, sesungguhnya ia telah meminta-minta harta orang lain secara haram.
        Ya Alloh, semoga mulai detik ini, kami akan rajin bekerja mencari rezeki agar keluarga kami kecukupan, sehingga kami tidak menjadi orang yang suka minta-minta, dan bisa melaksanakan perintah-Mu.

“Percaalah pada sara kecl itu yang selau ngatakan ‚Ini akan berhasil dan saya akan encobanya.“
(Diane Mariechil)


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul KAYA DARI MEMINTA-MINTA SAMA DENGAN MEMINTA BARA API. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://sulhan-gallery.blogspot.com/2013/01/kaya-dari-meminta-minta-sama-dengan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Chord - Thursday 3 January 2013

Belum ada komentar untuk "KAYA DARI MEMINTA-MINTA SAMA DENGAN MEMINTA BARA API"

Post a Comment