Jika kamu berhasil teruslah berkarya, jika kamu gagal teruslah berkarya, jika kamu bosan teruslah berkarya,apapun kondisinya tetap berkarya....

LIFESTYLE PARA NABI SEDERHAN



Ø  LIFESTYLE PARA NABI SEDERHAN

Bahwasanya jalan kebaikan dan selalu baik dalam beragama adalah seperduapuluh lima (1/25)dari kebiasaan para Nabi.  HR.Abu Daud

Kesederhanaan dan tidak berlebih-lebihan dalam segala hal, dalam beribadah maupun bekerja. Keseimbngan dalam segala hal, ada ibadah khusus kepada Alloh swt, dan ada ibadah dalam rangka bermasyarakat dan memakmurkan bumi.
Rajin bekerja juga rajin beribadah , rajin bermunajat kepada Alloh swt juga rajin bermasyarakat, rajin mencari harta juga rajin bersedekah sesuai syariat yang berlaku.
Rajin makan gizi rokhani secara spiritual, namun juga rajin berolah raga secara fisik, seperti bulu tangkis,sepak bola, bersepeda, jalan santai dipagi hari, berenang. Olah raga yang terakhir ini sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw.
“Ajarkanlah kepada anak-anakmu memanah dan berenang dan ajari anak perempuan dengan merenda (tenun).”
Ada lagisebuah hadits riwayat Al-Bukhari, yang menceritakan Nabi Muhammad dan Thalhah, yamg sedang belajar memanah, dan apabila sudah mampu memanah, hendaklah keahlian tersebut harus selalu diasah agar tidak hilang begitu saja. Ternyata disamping Nabi Rajin beribadah kepada Alloh swt. Sehingga menjadi manusia yang terdekat kepada Alloh swt, disbanding manusia manapun, juga mempunyai hobi berolah raga, apalagi kalau kita teliti hadits diatas, berenang dan memanah atau sekarang menembak adalah sebuah sebuah hobi kalangan menengah keatas. Mengingat sekarang berenang dan menembak adalah membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
Ternyata orang yang rajin I’tikaf di masjid, juga masih dianjurkan berolahraga. Tentu saja untuk menjaga setamina tubuhnya agar tetap sehat dan perkasa. Seorang yang ahli ibadah tidak dianjurkan dalam keadaan lemah dan capek. Namun sebaliknya orang yang rajin beribadah harus selalu sehat dan bugar.
Seimbang dalam segala hal adalah kebiasaan para Nabi. Rajin ibadah namun juga profesional dalam bekerja. Penampilan sederhana namun ahli dalam berbagai ketrampilan dunia kerja. Kesimpulanya adalah rajin ibadah namun tidak fatalis (terlalu pasrah dan tidak mau bekerja, dan rajin bekerja namun tidak pagan/kufur).
Ya Alloh, mulai detik ini kami memohon kepada-Mu, agar kami mampu mencontoh tingkah laku para Nabi-nabi Allah, yang sangat berlaku seimbang dalam segala hal.


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul LIFESTYLE PARA NABI SEDERHAN . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://sulhan-gallery.blogspot.com/2013/01/lifestyle-para-nabi-sederhan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Chord - Friday 4 January 2013

Belum ada komentar untuk "LIFESTYLE PARA NABI SEDERHAN "

Post a Comment