Jika kamu berhasil teruslah berkarya, jika kamu gagal teruslah berkarya, jika kamu bosan teruslah berkarya,apapun kondisinya tetap berkarya....

MENELUSURI SELURUH PENJURU DUNIA


 


            Dasar-dasar bekerja yang disyari’atkan Allah Swt, adalah mengerahkan tenaga dan pikiran untuk bekerja keras. Al-Mawardi  memaknai ayat diatas dengan kerja keras. Kerja keras sangat dibutuhkan dalam mencari rezeki, tidak ada pekerjaan tanpa kerja keras, dan tidakada kerja keras tanpa pekerjaan.



            Pergi keluar kota adalah symbol kerja keras. Bagaimana tidak, karena harus meninggalkan anak dan istri. Meninggalkan anak dan istri adalah sesuatu yang sangat tidak mengenakkan. Namun semua harus dilaksanakan untuk terpenuhinya kebutuhan keluarga.
            Memang Nabi Muhammad Saw, pernah bersabda, bahwa sebagian kebahagiaan seseorang adalah apabila rezekinya berada di negerinya sendiri. Tentu hal tersebut adalah contoh kebahagiaan ideal. Namun jangan diartikan bahwa Nabi Saw, melarang umatnya bekarja keluar kota atau keluar negeri. Kita ingat bahwa Nabi semasa remajanya sudah diajak pamamnya keluar negeri yaitu berdagang ke negeri Syam. Kalau kita keluar kota saja sudah enggan, apalagi keluar negeri seperti Nabi Muhammad Saw.
            Keluar kota bisa munculkan rezeki, contoh, beli barang dikota A harganya murah, karena proses produksi atau penanamanya mudah. Dijual ketempat B yang mempunyai nilai jual mahal. Nah seorang pedagang bisa jual-beli antar kota dengan cara seperti itu.
            Ya Allah, luaskanlah rezeki kami, seluas bumi yang kau hamparkan.

“Kita datang ke dunia sendirian dan meninggalkanya sendirian, dan diantara datang dan pergi kita memanfaatkan untuk mencari sahabat.”
(EM.Dooling)


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul MENELUSURI SELURUH PENJURU DUNIA. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://sulhan-gallery.blogspot.com/2013/03/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Chord - Friday 22 March 2013

Belum ada komentar untuk "MENELUSURI SELURUH PENJURU DUNIA"

Post a Comment