Jika kamu berhasil teruslah berkarya, jika kamu gagal teruslah berkarya, jika kamu bosan teruslah berkarya,apapun kondisinya tetap berkarya....

PERBEDAAN PROFESI AGAR MANUSIA TOLONG-MENOLONG

PERBEDAAN PROFESI AGAR MANUSIA TOLONG-MENOLONG


Jikalau Tuhanmu menghendaki, tentu Dia menjadikan umat yang satu, tetapi mereka senantiasa berselisih pendapat (beda kemampuan, beda keahlian), kecuali orang-orang yang diberi rakhmat oleh Tuhanmu. Dan untuk itulah Tuhan menciptakan mereka. QS.Hud [11]: 118-119





            Sudah sepantasnya Al-Mawardy, menanggapi ayat diatas, bahwa beda kekayaan, beda kemampuan, agar semua manusia mau saling menolong. Jangan pernah, merasa tidak berfungsi hanya karena belum mempunyai kepandaian tertentu. Atau tidak sepandai orang yang Anda anggap lebih pandai. Dunia ini akan setatis apabila semua orang mempunyai kemampuan yang seragam. Kita akan malas bepergian bekerja, karena kebanyakan orang kepandaiannya persis seperti kita. Orang jadi tidak mau membutuhkan kita karena mereka punya keahlian seperti kita.
            Orang kaya tidak akan merasa kaya, apabila semua orang memiliki kekayaan yang sama. Orang kaya tidak akan bisa bekerja dengan tenang tanpa seorang pembantu rumah tangga. Betapa sulitnya orang kaya, apabila ingin membuat rumah, namun tidak ditemukan beberapa orang kuli bangunan. Betapa sulitnya orang pandai untuk menerapkan kepabndaianya, apabila semua orang punya kepandaian yang sama.Seorang desainer yang sudah sangat sukses, ternya membutukan petani kapasuntuk mengapatkan kain yang berkualitas. Seorang petani kapas, ternyata membutuhkan tukang  pandai besi untuk membuat cangkul,. Seorang tukang pandai besi ternyata membutuhkan seorang ppeteni untuk mendapatka beras.Begitulah manusia zoon politikon  yang sangat ketergantungan satu sama lain.
            Semua manusia mempunyai fungsi masing-masing, dan snehnya setiap manusia mempunyai hasrat pada bidang yang berbeda-beda. Ada anak yang ingin mengambil jurusan kedokteran. Ada juga yang berhasrat pada jurusan arsitektur. Ada juga yang hasrat pada bidang gizi. Ada juga yang hasrat pada bidang teknik pertanian. Semua sudah diatur oleh Allah Swt, hanya Allah yang mengetahui misteri dibalik itu semua.
            Ya Allah, mulai detik ini kami mohon kepada-Mu agar kami dapat menjalani hidup sesuai dengan kehendak-Mu.
“Jika kita hendak mengikutsertakan orang-orang yang berani dalam sesuatu persoalan, kita harus menggambarkan bahwa masalahnya lebih bahaya daripada yang sebenarnya.”
(Friedrich Nietze)



Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul PERBEDAAN PROFESI AGAR MANUSIA TOLONG-MENOLONG. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://sulhan-gallery.blogspot.com/2013/04/perbedaan-profesi-agar-manusia-tolong.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Chord - Saturday 13 April 2013

Belum ada komentar untuk "PERBEDAAN PROFESI AGAR MANUSIA TOLONG-MENOLONG"

Post a Comment