Jika kamu berhasil teruslah berkarya, jika kamu gagal teruslah berkarya, jika kamu bosan teruslah berkarya,apapun kondisinya tetap berkarya....

STAY HEALTHY FIT BERIBADAH DAN BEKERJA

“Hai  manusia, apakah yang telah memperdaya kamu(berbuat durhaka)terhadap Tuhanmu Yang Maha Pemurah, yang telah menciptakan kamu lalu menyempurnakan kejadianmu dan menjadikan (susunan tubuhmu)seimbang.”QS.Al-Infithar
            Allah Swt menciptakan manusia, terdiri dari dua unsure yaitu jasad (tubuh) dan jiwa. Kesua-duanya membutuhkan gizi.
            Tubuh membutuhkan gizi yang seimbang dan memerlukan perawatan kesehatan, dengan cara banyak berolah raga secara seimbang. Kata seimbang itu sangat penting dalam segala hal, karena makan cara Rasulullah Saw, adalah makan secara se imabang, tidak berlebih-lebihan, sepertiga makanan, sepertiga air dan sepertiga udara. Dalam hal ini sesuai dengan perintah Alloh Swt: “Makan dan minumlah kalisn semua tetapi jangan berlebih-lebihan.


            Begitu  juga jiwa (soul) membutuhkan siraman rohkani, dengan cara banyak beribadah kepada Allah Swt, banyak member bantuab kepada orang lain, dan banyak belajar serta mengamalkan agama.
            Untuk menjaga agar badan tetap sehat, maka berolah raga secara seimbang, Rasulullah juga menyukai olahraga, seperti memanah dan menganjurkan kepada orang tua, intuk mengajarkan renang kepada anak-anaknya. Ini menandakan bahwa Rasululah saw, walaupun seorang nabi namun masih memperhatikan kesehatan fisik.
            Kita harus mensyukuri nikmat Allah Swt berupa fisik yang seimbang, pagi makan sore hari buang air besar, itu adalah keseimbangan yang sangat mahal, coba kalau tidak bisa makan atau tidak bisa buang air besar, tetntu celaka 
            Al-‘aklu as-salim fi al-jismi al-salim (akal yang sehat terdapat badan yang sehat) manusia terdiri dari nyawa/jiwa, raga, akal, hati, semua itu tidak berfungsi secara baik dan maksimal apabila tidak disertai dengan badan yang sehat. Dalam sebuah do’a minta selamat, salah satunya adalah minta sehat, adapun do’anya yaitu”Allahumma inna nas’aluka salamtan fi al-din wa ‘afiata fi-al jasadi…”(Ya Allah kami minta keselamatan dan kesehatan kepada-Mu…)
            Ya Allah, kami memohon kepada-Mu agar kami mendapatkan keselamatan dan kesejahteraan di dunia dan di akherat, serta jangan Engkau samapi masukkan kami dalam neraka.




Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul STAY HEALTHY FIT BERIBADAH DAN BEKERJA. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://sulhan-gallery.blogspot.com/2013/03/stay-healthy-fit-beribadah-dan-bekerja.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Chord - Sunday 17 March 2013

Belum ada komentar untuk "STAY HEALTHY FIT BERIBADAH DAN BEKERJA"

Post a Comment