Jika kamu berhasil teruslah berkarya, jika kamu gagal teruslah berkarya, jika kamu bosan teruslah berkarya,apapun kondisinya tetap berkarya....

TETAP BERPRESTASI DAN PRODUKTIF WALAU CACAT



TETAP BERPRESTASI DAN PRODUKTIF WALAU CACAT
“Sesungguhnya Allah Swt, tidak melihat bentuk tubuhmu dan tidak pula melihat ketampananmu, akan tetapi Allah melihat hatimu.”  HR.Muslim
                Untuk berkarya dan menjadi ilmuan terkenal, tidak membutuhkan penampilan fisik. Tokoh filsafat Plato itu orangnya bongkok, namun kecemerlangan pemikiran filsafatnya masih membahana sampai sekarang. Kesempurnaan kemampuan seseorang tidak ditentukan oleh penampilan luarnya saja. Apapun ujudnya yang penting adalah keberanian dan kemampuan mengekpresikan potensi yang kita miliki.

 Sebagai contoh, orang yang cacat kaki bisa bekerja pada bagian computer, dan bisa menjadi ahli computer yang sangat professional.
                Memang secara harfiah hadits diatas yang dilihat Allah adalah amal ibadah seseorang bukan penampilan fisik. Secara kontekstual bisa mempunyai arti bahwa dalam dunia kerja, penguasaan keahlian dalam bidangnya secara meuakinkan dan professional, bukan sekedar jual tampang. Karena orang akan melihat keahlian kita atau kemampuan kita dalam penyelesaian tugas secara baik dan benar.
                Kita bisa menengok sebentar para penyandang cacat. Mereka memiliki ide-ide kreatif dan mampu berprestasi. Kita pernah mendengar ada orang buta yang jadi juara menghafal Al-Qur’an tingkat nasional, sehingga bisa naik haji gratis.
                Pada zaman sekarang, yang hanya serba melihat penampilan luar, kadang-kadang kita bisa tertipu. Kita terlalu memikirkan penampilan luar, dan sama sekali kita lupa meningkatkan talenta (bakat keahlian) yang kita miliki. Memang keahlian dan kepandaian secara sepintas tidak langsung terlihat oleh orang lain, namun sangat bermanfaat bagi diri kita, melebihi manfaat penampilan luar kita yang ada.
                Bagi yang penampilanya oke, secara lahiriah, cantik atau tampan, brsyukurlah kepada Sang Pencipta, namun harus berhati-hati jangan terlalu menikmati ketampanan dan kecantikan, sehingga kita lupa menggali mutiara potensi yang ada dalam diri kita, sebab kecantikan dan ketampanan tidak hanya yang tampak dari luar(zhahir) akan tetapi juga dari dalam (inner beauty) yang mana potensi dalam diri kita yang tidak langsung terlihat secara lahiriah, manfaatnya jauh lebuh dahsyat daripada hanya sekedar penampilan luar.
                Ya Allah, semoga mulai detik ini, kami mampu dan mau mengukir kreativitas yang ada dalam diri kami dan orang lain, walaupun penampilan kami biasa-biasa saja, namun betapa sempurnanya kami, seluruh anggota badan kami lengkap, tak ada yang kurang. Kami sangat malu kepada orang-orang cacat yang berprestasi. Terima kasih ya Allah yang telah member pencerahan.
“Jika Anda tidak meminta, Anda tidak akan mendapatkan. [Berusahalah…………]”
(Mahatma Gandhi)

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul TETAP BERPRESTASI DAN PRODUKTIF WALAU CACAT. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://sulhan-gallery.blogspot.com/2013/03/tetap-berprestasi-dan-produktif-walau.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Chord - Friday 15 March 2013

Belum ada komentar untuk "TETAP BERPRESTASI DAN PRODUKTIF WALAU CACAT"

Post a Comment