Jika kamu berhasil teruslah berkarya, jika kamu gagal teruslah berkarya, jika kamu bosan teruslah berkarya,apapun kondisinya tetap berkarya....

FAKIR ITU SANGAT DEKAT DENGAN KEKUFURAN

FAKIR ITU SANGAT DEKAT DENGAN KEKUFURAN

Fakir sangat dekat dengan kekufuran. HR.Al-Baihaki

           
FAKIR ITU SANGAT DEKAT DENGAN KEKUFURAN
Rasulullah Saw, banyak menyebutkan do’a-do’a agar terhindar dari sifat malas dan kefakiran seperti “Allahumma inni a’udzu bika min al-jubni wa al-faqri” (Ya Allah, sesungguhnya aku minta perlindungan-Mu, agar aku terhindar dari kondisi stagnan-pasif, tidak berkembang dan kefakiran). Namun doa tanpa usaha adalah sia-sia, doa minta rezeki akan mendorong semangat bekerja agar lebih giat, lebih kreatif dan lebih inovatif, dan doa berguna agar hatinya lebih tenang, karena setiap tetes keringat akan bermakna ibadah.
            Kebanyakan manusia tidak menyukai apabila dirinya jatuh fakir atau miskin. Sebenarnya semua orang mengetahui sebab akibat untuk menghindari agar tidak menjadi miskin, yaitu harus bekerja. Siapapun orangnya entah islam, Nasrani,Yahudi atau siapa sajalah asal rajin dan ulet bekeja dialah yang berhasil.
            Cara mengatsi kefakiran adalah dengan mengasah atau melatih kemampuan membaca peluang usaha dan berani berkorban untuk mencobanya. Allah menciptakan manusia sebagai makhluk terbaik dimuka bumi, menghendaki agar semua manusia itu dalam keadaan selalu baik. Manusia harus mau introspeksi, barangkali masih ada yang salah dalam berusaha, bisa  kurang ilmunya bisa kurang ahli atau kurang professional, jalan keluarnya adalah belajar dan berlatih agar menjaqdi ahli. Program tuhan selalu lebih baik daripada program manusia, semua yang ada adalah semi kebaikan manusia, janganlah merasa jauh dengan Tuhan. Setiap mausia adalah khalifah yang berkewajiban nmengubah dunia ini menjadi tanggung jawab manusia.
            Keberadaan khalifah tidak boleh terpuruk, pasif tidak bergerak dan tidak menghasilkan apapun. Kalau keadaan fakir dan miskin bagaimana akan mengarungi dunia ciptaan Allah. Orang fakir akan selalu murung seakan tidak menerima takdir. Dia akan menuduh Allah itu tidak adil, dan mengatakan bahwa rezeki Allah tidak merata. Dia akan jauh dari rasa syukur.
            Mari kita ubah sikap murung menjadi ceria, kita ubah sikap pasif menjadi dinamis dan produktif. Kita rubah kefakiran menjadi berlimpah harta, dengan cara mengasah membaca peluang. Kita ubah rasa kufur menjadi rasa syukur atas nikmat yang tanpa batas yang diberikan Allah kepada hamba-Nya. Orang kufur itu ibarat seorang budak yang tidak tau terima kasih pada tuannya.
            menjadi rasa syukur atas nikmat yang tanpa batas yang diberikan Allah kepada hamba-Nya. Orang kufur itu ibarat seorang budak yang tidak tau terima kasih pada tuannya.
            Ya Allah, kami berlindung kepada-Mu dari malas, miskin, dan fakir, dan berilah kami kemampuan dan kemauan bekerja untuk bekerja keras.
“Lebih mudah mengatakan daripada mengerjakan”.
(Anonymous) 


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul FAKIR ITU SANGAT DEKAT DENGAN KEKUFURAN. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://sulhan-gallery.blogspot.com/2013/05/fakir-itu-sangat-dekat-dengan-kekufuran.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Chord - Thursday 16 May 2013

Belum ada komentar untuk "FAKIR ITU SANGAT DEKAT DENGAN KEKUFURAN"

Post a Comment